Cara mengamankan Mikrotik Dari Petir
Cara mengamankan Mikrotik Dari Petir

Cara mengamankan Mikrotik, Router, Switch HUB dari Petir ( Gundala )

Posted on Views: 0

Cara mengamankan Mikrotik, Router, Switch HUB dari Petir ( Gundala ) – Akhir-akhir ini banyak sekali kiriman servisan mikrotik kepada saya, bahkan ada kiriman yang seminggu lalu sudah saya perbaiki. Mungkin ini menjadi jalan pembuka rezeki saya, akan tetapi hal ini mungkin membuat temen-temen menjadi stres karena harus mengeluarkan banyak biaya servis. Dalam hal ini saya akan berbagi tips gimana cara nya mengamankan Mikrotik khususnya ini untuk para pemain RT-RW NET yang masih menggunakan Media Kabel LAN.

Cara mengamankan Mikrotik Dari Petir
Cara mengamankan Mikrotik Dari Petir

Cara yang saya bagikan ini tidak mungkin dapat 100% menjadi solusi, tetapi minimal dengan cara ini 90% Kerusakan Mikrotik dapat di hindari. sebelum melanjutkan saya berharap teman-teman mengetahui terlebih dulu, kenapa pemain LAN [UTP] lah yang banyak kena petir berbeda dengan pemain OLT yang hampir tidak pernah kena Gundala / Petir. Mari saya jabarkan sedikit terlebih dulu tentang perbedaan LAN dan Fiber optic kenapa Fiber optic Aman di banding LAN.

Perbedaan Fiber Optic dan LAN

LAN dan Fiber Optic merupakan media yang digunakan untuk menyalurkan data internet dari server ke Client, namun ke 2 nya memiliki jenis sifat bahan yang sangat berbeda bahkan saling bersebrangan, dimana LAN menggunakan jalur Konduktor sedangkan Fiber Optic bersifat Isolator.

Kita semua sudah tahu kalo listrik yang di hasilkan oleh petir bisa mengalir pada jenis bahan konduktor dan itu ada pada LAN sedangkan Fiber Optic memiliki jenis bahan Isolator yang artinya Arus listrik tidak dapat mengalir pada Fiber Optic, sehingga fiber optic aman dari serangan Petir, kecuali melalui kawat sling nya, namun pada pemasangan kenyataaanya kawat sling tidak pernah masuk pada media seperti OLT dan ONT sehingga meskipun ada konduktor pada Fiber Optic arus listrik tidak akan pernah sampai pada OLT dan ONT.

Arus listrik dari petir yang sangat besar itu akan mengalir pada Kabel LAN yang akan menimbulkan kerusakan pada peralatan seperti OLT, Mikrotik, Router dan HUB.

 Jika teman-teman sudah paham apa yang saya jabarkan di atas maka sekarang waktunya kita berfikir bagaimana caranya menjembatani peralatan yang akan kita amankan ??? tentu saja dengan cara menghubungkan setiap perangkat tadi Mikrotik, HUB, OLT dan lain-lain melalui media fiber Optic [isolator] sehingga arus listrik tidak akan pernah sampai pada perangkat.

Cara mengamakan Perangkat Jaringan Agar terhindar dari Serangan Zeus atau Petir

  • Gunakan media fiber optic sepenuhnya [OLT] agar aman secara Total
  • Jika anda memang tidak dapat melakukan perubahan dengan alasan belum ada biaya dll, maka kita tidak dapat 100% menghindari ancaman petir akan tetapi kita tetap bisa meminimalisir nya dengan cara merubah topology jaringan kita di lapangan, berikut solusi dari saya saya akan gambarkan secara topology

Gambar di bawah ini merupakan topoloy jaringan yang banyak di gunakan dan tidak aman, untuk semua perangkat karena setiap perangkat terhubung menggunakan kabel LAN [UTP], seperti yang sudah saya jelaskan di atas kabel LAN [UTP] merupakan jenis induktor baik yang dapat menghantarkan arus listrik dari ujung router sampai ke ISP, bahkan jika yang terkena gundala di bagian tengah sekalipun, arus listrik dari petir bisa mengalir ke perangkat manapun. intinya jika ada salah 1 perangkat terkena petir kemungkinan semua akan kena.

Topology rentan petir
Topology rentan petir

 

Gambar di bawah ini merupakan topology yang aman, untuk mikrotik anda, akan tetapi masih tidak aman untuk perangkat lainnya mulai dari HTB B, HUB, dan router. HTB A dan HTB B terhubung oleh fiber optic yang bersifat isolator sehingga arus listrik dari bagian HTB B akan berhenti tidak akan mengalir ke HTB A.

Selain merubah topology seperti di atas kita juga dapat meminimalisir kerusakan dengan cara tidak mengaitkan kabel LAN pada Tihang listrik PLN, karena pada dasarnya Petir itu kebanyakan menyambar tihang-tihang Listrik di jalan.

 

Saya berharap dengan adanya gambaran gambar di atas, temen-temen dapat memahami dan mengerti kenapa pada topology ke dua di mulai dari HTB A sudah aman dari Sambaran Petir. Pada intinya sambaran petir tidak akan sampai ke HTB A karena media penghubungnya adalah fiber optic yang berbahan fiber dan bersifat Isolator sehingga arus listrik tidak akan sampai pada HTB A.

Silahkan di Explore kembali agar bisa di hindari lebih dalam lagi, contoh topolgy yang saya gambarkan di atas.

 

Terima kasih Semoga Apa yang saya tulis kali Ini bermanfaat untuk Kita Semua.. amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *